Model Pembelajaran Membaca Al-Quran TPQ Raudlatul Muta’allimin

Authors

  • Hamimah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Falah Pamekasan

Keywords:

pembelajaran al-quran, anak usia dini, TPQ, metode drill

Abstract

AlQuran adalah kalamullah yang di turunkan kepada nabi Muhammad melalui malakat Jibril dengan ayat yang pertama kali di turunkan adalah surat Al-a’laq yang berbunyi Bacalah dengan menyebut Nama Allah yang menciptakan. AlQuran merupakan petunjuk dalam hidup manusia dan menjadi pedoman dalam hidup manusia.

Membaca adalah kemampuan yang wajib di kuasai oleh siswa agar proses belajar mengajar terlaksana dengan baik. Membaca merupakan kemampuan yang bagi sebagian orang mudah namun bagi sebagian yang lain merupakan hal yang sulit. Tujuan dari penelitian ini adalah Pertama, untuk mengetahui bagaimana Model Pembelajaran Membaca Al-Quran di TPQ raudlatul Muta’allimin untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Model Pembelajaran Membaca Al-Quran TPQ raudlatul Muta’allimin. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitik. Tehnik pengambilan data dengan melakukan wawancara terhadapa santri TPQ Raudlatul Muta’allimin, melakukan wawancara dengan guru TPQ Raudlatul Muta’allimin. Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran membaca TPQ Raudlatul Muta’allimin terdiri dari tiga Model; Satu, ABATASA. Dua, IQRA’. Tiga, SIMAAN. Adapun faktor yang mendukung dan menghambat adalah Faktor Internal: faktor yang bersumber dari dalam diri dan Faktor Eksternal: faktor yang bersumber dari luar diri.

Downloads

Published

2025-07-04

How to Cite

Hamimah. (2025). Model Pembelajaran Membaca Al-Quran TPQ Raudlatul Muta’allimin. Kitabaca : Journal of Islamic Studies, 2(1), 1–11. Retrieved from https://ejournal.kitabaca.id/index.php/kitabaca/article/view/18

Issue

Section

Articles